Sat Polair Polresta Bersinergi Laksanakan Operasi Pengawasan SDKP Periaran Jayapura

Tertibkan administrasi para Nelayan yang mencari di Laut perairan Kota Jayapura, Satuan Polair Polresta Jayapura Kota bersama Instansi terkait lakukan Patroli melalui Operasi Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Jumat (17/6) siang.

Patroli yang dilakukan melibatkan Satuan Polair Polresta Jayapura Kota bersama PSDKP Biak (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) menggunakan sarana Speed Boat Dolphin-016 dan dipimpin langsung Kepala Satuan Pengawasan Kota Jayapura Roy Salinding, S.Kel.

Kasat Polair Polresta Jayapura Kota AKP Franciss J. Wardjukur mengatakan, giat Operasi yang dilakukan merupakan bentuk pengawasan dan monitorung aktifitas para Nelayan yang bekerja mencari ikan agar dapat tertib administrasi surat-surat kapal maupun kelengkapan yang diwajibkan dalam melaut.

“Tujuannya untuk menertibkan Kapal Nelayan yang belum melengkapi dokumen sesuai Peraturan Kementrian Perikanan Nomor 5 / PERMEN / KP / 2019 / Tentang Perubahan Atas Pendaftaran dan Penandaan Kapal Perikanan,” ujar AKP Franciss Wardjukur.

Lebih lanjut kata Kasat, ada beberapa Kapal Nelayan yang ditemukan tidak memiliki dokumen kelengkapan sebagai Kapal Nelayan, maka diambil langkah-langkah Kepolisian kepada mereka dengan cara yang humanis.

“Tindakan Kepolisian yang diambil kepada mereka yang tidak lengkap dokumennya yakni menyampaikan agar segera dilengkapi di Sahbandar dan memberikan Surat Peringatan, dan giat penangkapan ikannya diberhentikan sementara bila perahu atau kapal tidak memiliki SLO dan HPK berangkat,” pungkasnya.

Sumber : Polairud Polda Papua

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published.