Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Lantamal X Gelar Komsos Maritim

    Guna mempertajam pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal X menggelar Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) dengan seluruh komponen masyarakat Papua, Kota Jayapura di aula Samudera Loka Mako Lantamal X. Kamis (30/062022).

Dalam sambutannya membuka acara ini, Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut yang merupakan bagian dari sistem pertahanan negara yang bersifat semesta harus menyatu dan manunggal dengan rakyat.

TNI dengan jati dirinya tentara rakyat harus mampu menyatu dan manunggal dengan segenap komponen bangsa khususnya yang berkorelasi langsung dengan unsur kemaritiman dan kelautan”, ujar Danlantamal X.

Menurutnya di masa ini Dawilhanla berfokus memberdayakan potensi kelautan dan maritim menjadi salah satu hal yang sangat vital dan tidak boleh ditunda-tunda lagi. Ia pun menjelaskan alasan yang mendasarinya, yaitu dengan batas negara RI terutama di kepulauan terluar dengan batas-batas laut yang paling luar sangat kabur.

“Di masa sekarang ini klaim batas wilayah laut antar negara tetangga semakin marak, contohnya klaim China di perairan laut Natuna yang diklaim sebagai wilayah laut China Selatan.”, terangnya.

Oleh karena itu menurut jenderal bintang satu ini, Lantamal X berperan aktif mengadakan pembinaan ketahanan wilayah maritim dan potensi maritim dengan pembinaan dan pemberdayaan desa pesisir.

“Lantamal X telah membuat pilot projeck Kampung Bahari Nusantara di Kampung Enggros, program ini merupakan program nasional yang di canangkan oleh bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.”, jelasnya.

Kampung Bahari Nusantara merupakan program nasional Mabes TNI Angkatan Laut dengan berfokus di bidang edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan. Sehingga tercipta rasa cinta dan bangga atas bangsa dan negaranya guna mewujudkan rasa nasionalisme dan ketahanan nasional bagi masyarakat pesisir.

“Kampung Bahari Nusantara yang dilaksanakan oleh Lantamal X merupakan implementasi dari pembinaan pertahanan wilayah mairtim guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk membentuk kemanunggalan TNI, TNI AL dengan rakyat dalam rangka mendukung sistem pertahanan semseta.”, pungkasnya.
Dalam kegiatan Komsosmar ini Lantamal X mendatangkan pemateri atau pembicara dari 3 bidang aspek. Yaitu aspek pertahanan oleh Spotmar Mabesal dengan pembicara Letkol Marinir Agustinus Purba dengan materi Kampung Bahari Nusantara.

Kemudian pembicara kedua oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Ir. Iman Djuniawal, M.Si, dengan materi yang dibawakan adalah peran sektor kelautan dan perikanan Papua dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat (UMKM) , serta yang terakhir materi oleh Pj. Kadisdik dan Perpustakaan Daerah Papua dengan tema Papua menyiapkan SDM Papua. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur pemerintah daerah Provinsi Papua, Pemerintah Kota Jayapura, instansi TNI/Polri dan sipil, perbankan, tokoh adat, tokoh masyarakat, swasta yang bergerak di bidang jasa maritim.  Ismaya // Dispen Lantamal X Jayapur

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published.