DKP Papua Selesaiakan Dokumen P3D Lima Pelabuhan Perikanan Prov. Papua untuk Diserahkan Ke Provinsi DOB Papua

Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Papua akan mempercepat proses  Personel, Pendanaan, Prasarana, serta Dokumen (P3D) pada lima pelabuhan perikanan di Provinsi  Papua.
Kepala DKP Provinsi Papua Iman Djuniawal di Jayapura ,Sabtu, mengatakan P3D ini penting sebelum melakukan penyerahan aset Pelabuhan Perikanan dimana kewenangan kabupaten kepada provinsi.

“Lima Pelabuhan Perikanan (PP) yang telah diserahkan dan menjadi kewenangan provinsi antara lain Hamadi Kota Jayapura kemudian Depapre Jayapura, lalu Fandoi Biak Numfor, serta Poumako Mimika dan Waharia Nabire,” katanya.

Menurut Iman , sebenarnya ada sembilan pelabuhan perikanan yang ada di kabupaten/kota, namun baru lima yang di serahkan ke pemerintah provinsi Papua sesuai dengan manat UU 23 tahun 2014 tentang pemerintahan  daerah.
“Empat pelabuhan perikanan yang belum yaitu, Sarafambai Waropen, lalu Omor Kabupaten Asmat kemudian Sumraman Mappi dan Kelapa Lima Merauke,” ujarnya.
“Sudah kami lakukan sejak Maret lalu,’’ kata lagi.

Dia menambahkan setelah Papua Tengah dan Selatan terbentuk secara otomatis yang mendanai masih provinsi induk yaitu Papua untuk itu pihaknya sedang mempersiapkan berita acara penyerahan kewenangan sehingga tidak tergesa-gesa.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *